10 Makanan Khas Batak Paling Enak dan Populer

  1. Daun Ubi Tumbuk
Makanan Khas Batak
Makanan khas batak yang palin enak dan pupuler yang pertama yakni daun umbi tumbuk. Daun Ubi Tumbuk menjadi sayur favorite yang banyak terdapat di rumah makan Batak. Konon daun ubi menjadi sayur yang paling mudah untuk didapatkan, karena hanya meletakkan kayunya saja akan muncul tunas-tunas daun ubi
Makanan khas batak ini terbuat dari daun ubi yang ditumbuk dan dicampur dengan cabe, bawang merah, bawah putih, serai dan juga buah rimbang. Buah rimbang ini menjadi ciri khas daun ubi di daerah Batak. Karena jika dimasak rasanya jauh lebih enak dibanding dimakan mentah. Semua bahan direbus dan setelah hampir matang dicampur dengan santan.

  1. Daun Ubi Jantung Pisang
Makanan Khas Batak
Makanan khas batak yang kedua adalah daun ubi jantung pisang, makanan khas batak in memiliki rasa yang sangat enak dan juga lezat. Tak kalah dibandingkan dengan makanan batak sebelumnya.
Hampir mirip dengan daun ubi tumbuk, daun ubi jantung pisang ini ditambah dengan potongan jantung pisang yang diiris kecil-kecil, dan kelapa parut. Semua bumbu ditumis kemudian dimasukkan bumbu utama daun ubi, jantung pisang dan kelapa parut dengan menambahkan sedikit air dan garam. Lalu ditumis sampai benar-benar matang
  1. Naniura
Makanan Khas Batak
Advertisement
Nah makanan khas batak yang ini cukup berbeda dari yang lainnya, yakni bernama naniura. Naniura bisa dikatakan sebagai sushinya orang batak, wah cukup moderen ya guys. Makanan berasal dari batak ini juga memiliki cita rasa yang tak kalah enaknya dengan sushi yang sebenarnya.Biasanya naniura sedikit lebih asam karena memang untuk proses pematangannya menggunakan asam.
Bedanya Naniura tidak dimasak, digoreng ataupun direbus. Makanan khas batak ini berbahan dasar ikan mas, ikan nila atau pun ikan mujahir. Disajikan dengan bumbu yang lengkap sehingga membuat ikan tersebut lebih enak dirasa tanpa dimasak. Dengan kata lain bahwa bumbu-bumbu itulah yang memasak ikan tersebut.
  1. Arsik Batak
Makanan Khas Batak
Arsik merupakan salah satu makanan khas Batak yang paling banyak disajikan pada saat acara adat. Makanan khas batak ini memiliki cita rasa pedas hangat yang membuat lidah terasa bergetar. Tak heran hidangan ini memiliki ciri khas tersendiri dan juga sangat banyak digemari.
Makanan batak ini berbahan dasar ikan seperti ikan mas, nila dan ikan mujahir. Uniknya ikan ini ditangkap langsung dari Danau Toba. Untuk menciptakan rasa dan aroma yang khas, biasanya memasak ikan ini ditambahkan dengan andaliman. Arsik bisa disajikan dengan kuah atau sedikit kering.
  1. Natinombur
Makanan Khas Batak
Selanjutnya makanan khas batak yang enak dan cukup populer bernama Natinombur. Makanan khas batak ini menjadi salah satu pilihan para wisatawan yang sangat hobi kuliner. Natiombur juga memiliki rasa yang tak kalah lezatnya dengan makanan lainnya.
Natinombur adalah ikan yang disiram dengan bumbu. Bumbu yang digunakan hampir sama dengan arsik, hanya saja bumbu bakar. Biasanya menggunakan ikan nila atau pun mujahir. Biasanya ditambahkan dengan andaliman, bagi penyuka pedas bisa menambahkan cabe agar rasanya lebih nikmat.
Advertisement
  1. Manuk Napinadar
Makanan Khas Batak
Manuk Napinadar juga merupakan salah satu makanan khas batak yang juga enak dan populer.Makanan khas batak yang satu ini juga memiliki ciri khas dari bumbu rempah andaliman. Manuk napinadar menjadi salah satu makanan favorit di derah batak karena keunikannya.
Advertisement
Makanan khas batak ini  terbuat dari Ayam yang dibakar dan kemudian dibumbui dan dicampurkan dengan darah segar ayam itu sendiri dengan proses kematangan yang pas. Akan lebih nikmat jika dibuat dengan agak pedas bisa juga disesuaikan dengan selera kamu.
  1. Saksang
Makanan Khas Batak
Makanan khas batak selanjutnya yakni Saksang. Makanan khas batak yang satu ini cukup berbeda karena tidak bisa dinikmati bagi kamu kaum muslim, lantaran bahan yang digunakan adalah daging babi dan juga daging anjing. Meskipun demikian tak menjadikan makanan batak ini surut penggemar.
Makanan khas batak ini dimasak dengan bumbu khusus yang hampir mirip dengan bumbu napinadar dan proses memasaknya pun juga dengan darah daging itu sendiri. Biasanya saksang lebih banyak mengandung daging daripada lemak. Ciri khas makanan ini menggunakan andaliman yang menciptakan rasa panas pedas menggetarkan lidah. Wah, rasanya pasti mantap ya…..
  1. Tanggo-tanggo
Makanan Khas Batak
Tak beda dengan sebelumnya, makanan khas batak yang bernama Tango-tango ini juga cukup banyak digemari kerena memiliki rasa yang enak dan lezat. Sama juga berbahan dasar daging babi dan daging anjing. Dan kamu kaum muslim jangan mencoba dulu ya yang satu ini.
Yang membedakan makanan khas ini dengan sebelumnya hanya pada ukuran. Masakan tanggo-tanggo dipotong lebih besar kira-kira sebesar kepalan tangan. Biasanya makanan khas batak ini menggunakan hewan yang lebih muda untuk menciptakan tekstur masakan yang tidak terlalu keras, sehingga bumbu meresap dan daging lebih empuk.
Advertisement
  1. Babi Panggang
Makanan Khas Batak
Advertisement
Masih berbahan dasar babi, makanan khas batak yang satu ini bernama babi panggang. Makanan ini menjadi makanan yang paling disukai banyak kalangan, karena rasanya sangat lezat. Umunya bukan kamu kaum muslim Ya. Karena makanan batak yang satu ini tidaklah halal.
Advertisement
Cara pembuatan makanan khas batak ini disiram dengan sedikit asam sebelum dipanggang. Daging babi akan matang sempurna ketika lemak keluar. Tentunya babi panggang akan lebih enak jika dagingnya memiliki lemak tidak hanya dagingnya saja. Daging juga disajikan dengan bumbu darah yang dimasak dengan sayur daun ubi dan tulang sup babi.
  1. Dali Ni Horbo (Susu Kerbau) Khas Batak
Makanan Khas Batak
Makanan khas batak yang terakhir ini adalah Dali Ni Horbo atau disebut juga Susu kerbau khas dari daerah batak. Makanan batak yang satu sangat banayak dicari, karena makanan khas batak yang satu ini sangat alami dan tanpa mengandung bahan kimia. Susu kerbau ini diolah secara tradisional dan mudah ditemukan di daerah Batak. Sama dengan susu lainnya mengandung lemak, karbohidrat dan protein.
Proses membuat makanan batak ini yaitu susu kerbau cair dimasak dengan api dengan suhu kecil sehingga tidak terlalu panas. Lalu ditambahkan sedikit garam sesuai selera. Masukkan perasan air daun pepaya hingga susu kerbau mengental seperti tahu. Namun akan lebih nikmat jika Dali ni Horbo ini dimasak seperti memasak arsik,Karena akan menambah aroma dan rasa nikmat pada susu.
Nah guys, cukup banyak ya jenis dan menu makanan khas batak yang enak dan populer yang telah dibahas dalam HMC. Bagi kamu kaum muslim tak perlu ragu lagi mencari-cari kuliner yang halal, karena sudah dijelaskan diatas beberapa makanan khas batak yang tidak terbuat dari babi. Nah kalian semua wajib mencobanya ya sahabat HMC. Selamat mencoba guys.

Komentar