25 Makanan Khas India


  1. Akuri On Toast
Akuri On Toast
Oke makanan khas di India yang satu ini sangat populer dalam beberapa tahun belakangan ini teman-teman.
Jadi makanan khas India yang kita maksud ini adalah Akuri On Toast yang merupakan makanan yang di buat dengan bahan dasar telur.
Bagaimana cara membuat Akuri On Toast ini? yak dengan cara telur di orak-arik yang di campurkan dengan cabai hijau, bubuk cabai merah, bawang bombay dan tomat atau bisa teman-teman ganti dengan mangga yang masih mentah, ini di sesuaikan dengan selera saja ya?
Nah, jangan lupa nih Akuri On Toast yang merupakan makanan khas India yang satu ini juga kudu di lengkapi dengan beberapa bahan untuk di jadikan sebagai bumbu seperti bawang putih, daun kari, jinten bubuk, ketumbar, pasta jahe dan susu.

  1. Batata Vada
Batata Vada
Oke makanan khas India yang wajib banget jika di masukkan dalam daftar di artikel halomuda.com yang satu ini adalah makanan yang populer dengan nama Batata Vada.
Tentu saja makanan bernama Batata Vada ini merupakan makanan yang sangat populer di India.
Apa sih bahan dasar dari Batata Vada ini? Bahan dasar dari Batata Vada adalah roti ya teman-teman.
Jadi cara membuatnya adalah dengan cara roti yang di dalamnya terdapat beberapa bahan seperti misalkan saja kentang rebus, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar dan cabai hijau.
Bahkan di nilai makanan khas India yang terkenal dengan nama Batata Vada ini untuk cara pembuatannya sangat mudah. Akan tetapi meski cara membuatnya mudah, rasanya pun juga sangat enak.
Jika teman-teman ke India, teman-teman akan sangat mudah menemukan Batata Vada yang di jual di jalanan India.
  1. Parata
Parata
Makanan khas India yang satu ini merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di India. Bahkan di Indonesia kita akan sangat mudah untuk menemukan orang yang jualan Parata ini seperti misalkan saja kita cari di resto yang menjual makanan khas India tentu kita akan dapat mencicipi Parata ini.
Jika di Indonesia, Parata ini sangat mirip dengan martabak ya? Jadi bahan yang di gunakan untuk membuat Parata ini seperti misalkan saja susu, telur dan mentega.
Saat ini juga ada lho Parata yang sudah di kemas dalam bentuk makanan beku atau frozen food.
Di tambah lagi Parata sangat sering muncul dalam film layar lebar india lho, hal ini membuat Parata menjadi salah satu makanan khas India yang terkenal.
Biasanya sih Parata ini sangat cocok di makan bersama dengan kuah kari dan untuk minumnya paling pas itu ya lasee atau yogurt asam.
  1. Rajma Masala
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Makanan khas india yang satu ini rasanya sudah sangat familiar buat para pencinta drama india, pasalnya makanan bernama Rajma Masala ini sudah sering muncul di layar televisi yang menayangkan drama india lho. Teman-teman memperhatikan itu nggak?
Bahan dasar dari Rajma Masala ini adalah Kacang Merah, bahkan kabarnya Rajma Masala ini cocok banget lho buat teman-teman yang sedang diet.
Di india, makanan bernama Rajma Masala ini terkenal sebagai makanan diet. Jadi buat teman-teman yang sedang menjalankan program diet, patut di coba deh.
Untuk penyajiannya Rajma Masala ini biasanya di sajikan bersama Chapati dan Roti lho. Kacang merah di rebus, sisihkan terlebih dahulu dan untuk bumbunya teman-teman bisa mengumpulkan garam, kunyit, cabai dan jinten.
Kemudian teman-teman bisa menumis bumbu tersebut dengan kacang merah yang telah di rebus tadi.
  1. Halwa
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Next ya teman-teman, kali ini makanan khas india yang kita bahas adalah Halwa yang merupakan makanan berjenis manisan.
Biasanya nih Halwa ini di jadikan untuk makanan penutup di India. Bahan dasarnya sendiri adalah Wortel dan di olah menjadi puding yang sangat enak lho.
Pada saat hari raya Idul Fitri di India banyak orang yang memberikan manisan Halwa untuk orang-orang yang berkunjung ke rumahnya.
Terutama di India Utara, banyak orang yang membuat Halwa ini. Dengan rasa yang cenderung manis rasanya Halwa ini cocok sebagai makanan penutup ya?
Kapulaga adalah salah satu bahan yang membuat Halwa bercita rasa manis. Biasanya untuk toping, Halwa di sajikan almond atau kismis yang di letakkan di atasnya.
Makanan khas india ini mengandung serat yang tinggi dan bercampur dengan nikmatnya susu sehingga banyak anak kecil yang suka dengan Halwa.
  1. Samosa
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Jika teman-teman pengen camilan ala india bisa mencoba mencicipi Samosa ini. Jadi Samosa ini kalau di Indonesia adalah sejenis pastel ya?
Akan tetapi yang membedakan antara Samosa dan pastel adalah jika samosa itu mempunyai bentuk seperti segitiga beda dengan pastel yang mempunyai bentuk menyerupai setengah lingkaran.
Rasa dari Samosa ini sangat gurih dan tentu saja sangat renyah lho. Akan tetapi saat ini buat para pencinta makanan manis nih, ada variasi dari Samosa yang di dalamnya terdapat susu atau coklat yang pastinya beda dengan rasa Samosa yang original ya?
Jika teman-teman penasaran dengan Samosa ini, teman-teman bisa hunting makanan khas india ini di resto yang menjual makanan timur tengah di Indonesia.
Ada juga varian Samosa yang di dalamnya di campukan juga bawang bombay dan keju lho yang di jual di Indonesia.
  1. Gulab Jamun
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Makanan khas india yang berikutnya menjadi bahasan kita adalah makanan yang populer dengan nama Gulab Jamun.
Makanan ini terkenal juga di kawasan Pakistan, Bangladesh dan Nepal sebagai makanan penutup. Makanan ini termasuk makanan bercita rasa manis yang sangat enak.
Bentuknya yang seperti bola dan berukuran kecil membuat Gulab Jamun ini mudah untuk di kenali.
Bahan dasar dari Gulab Jamun ini adalah susu bubuk, mentega yang cair, susu cair dan bisquick. Kemudian adonan Gulab Jamun ini di bentuk bulat dan setelah itu di goreng sampai matang.
Langkah selanjutnya setelah di goreng hingga matang adalah merendam Gulab Jamun tadi dengan sirup air mawar dengan durasi seharian.
Hal ini di lakukan agar sirup air mawar tadi dapat meresap dengan sempurna ke dalam Gulab Jamun dan setelah itu Gulab Jamun siap untuk di santap.
  1. Kulfi
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Makanan khas india yang satu ini sama seperti Gulab Jamun yakni makanan pencuci mulut yang populer di India.
Akan tetapi makanan bernama Kulfi ini tidak hanya populer di India saja lho, ada beberapa negara yang juga biasa menikmati makanan khas india yang satu ini.
Beberapa negara penikmat makanan khas bernama Kulfi ini seperti misalakan saja Myanmar, Bangladesh, Nepal, Pakistan dan beberapa negara Timur Tengah yang lain.
Info saja nih teman-teman ternyata Kulfi ini adalah makanan yang di buat dari susu segar lho, kemudian susu segar tadi di rebus bersama dengan gula.
Dengan mudah teman-teman bisa mendapatkan Kulfi jika berada di India, pasalnya Kulfi ini banyak di jajakan oleh pedagang kaki lima di sana.
Saat penyajian, Kulfi di sajikan bersama dengan bihun, rempah-rempah dan teman-teman bisa memilih rasa dari Kulfi ini seperti rasa vanili, mangga, mawar dan lainnya.
  1. Chapati
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Oke selanjutnya ya teman-teman, bahasan kita dalam makanan khas india berikutnya adalah tentang makanan yang terkenal dengan nama Chapati.
Makanan khas india paling enak yang satu ini merupakan makanan berjenis roti yang enak nih teman-teman.
Bahan dasar dari Chapati adalah bahan untuk membuat roti gandum yang tidak mengembang dan hal itu terjadi dengan secara di sengaja.
Memang benar jika Chapati ini mempunyai rasa yang tawar atau tidak mempunyai rasa ya.
Akan tetapi pada saat penyajian dari Chapati ini di campurkan dengan makanan atau bumbu yang lainnya.
Di era baru ini Chapati di di kombinasikan dengan beberapa bahan lain seperti misalkan saja lobak, paneer dan bahan lainnya yang berjenis sayuran. Kalau orang india sendiri menganggap Chapati ini ya sebagai roti.
  1. Jalebi
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Makanan khas india yang berikutnya adalah Jalebi, makanan khas india paling enak yang satu ini akan membuat lidah teman-teman bergoyang dengan cita rasa khas manisnya.
Jenis Jalebi adalah makanan camilan yang yang berbahan dasar dari tepung yang di bentuk sedemikian rupa dan di goreng.
Nah, nantinya setelah di goreng Jalebi ini akan di celupkan di sirup gula nih teman-teman sehingga nanti Jalebi akan mengkristal dan terlihat sangat mengkilap.
Maka dari itu di India, Jalebi ini juga di sebut dengan Permen Jalebi lho.
Gula yang kering di luar mempunyai rasa yang manis, saat teman-teman menggigit Jalebi ini teman-teman akan mendapatkan tekstur yang kenyal dari makanan khas india yang satu ini.
Buat teman-teman yang suka Jalebi, sebaiknya jangan terlalu banyak ya? Soalnya kan makanan yang manis jika di konsumsi terlalu banyak tidak baik juga kan?
  1. Pakora
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Selanjutnya di halomuda.com yang akan di bahas adalah Pakora yang merupakan makanan khas india dan biasanya di sajikan pada menu pembuka nih teman-teman.
Beberapa bahan yang biasanya di gunakan untuk membuat Pakora ini adalah bumbu rempah, sayuran yang di potong dan tepung.
Jika di Indonesia, Pakora ini bentuk atau tampilannya sangat mirip dengan peyek ya? Akan tetapi yang membedakan adalah penyajiannya untuk Pakora biasanya di hidangkan bersama dengan sambal pedas, saus atau kecap asin nih teman-teman.
Cocok juga buat camilan lho, halomuda.com sangat merekomendasikan makanan khas india yang satu ini pasalnya bahan dasarnya sayuran. Teman-teman bisa mencobanya di rumah untuk membuatnya, cek di halaman google tentang resep Pakora ini.
  1. Laddu
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Makanan khas india yang satu ini sangat sering nongol di salah satu drama india yang di putar di Indonesia yakni Mahabharata.
Makanan yang terkenal dengan nama Laddu ini merupakan makanan yang sangat di sukai Bima yang merupakan salah satu tokoh dalam Mahabharata.
Bentuknya bulat dan berukuran kecil nih teman-teman dan rasanya cenderung ke arah manis karena juga bahan dasar dari makanan khas india yang bernama Laddu ini adalah gula dan tepung.
Biasanya Laddu ini di sajikan pada saat acara keagamaan dan sebuah acara perayaan yang meriah.
Tepung gandum kasar adalah jenis tepung yang di pakai untuk membuat makanan khas Laddu ini. Cara membuatnya adalah adonan di buat bulat, di olesi dengan menggunakan mentega ghee (mentega khas india) dan kemudian di goreng hingga matang.
  1. Kheer
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Yang berikutnya adalah Kheer yang merupakan makanan khas yang di buat dari makanan pokok yang berada di India.
Makanan yang di buat dari beras ini sebenarnya adalah puding beras yang sangat enak, jadi buat teman-teman yang penasaran segera deh di coba, pastinya ketagihan.
Ternyata di India sana banyak juga lho makanan yang berbahan dasar beras, salah satunya ya Kheer ini. Biasanya makanan khas india yang satu ini di fungsikan sebagai pencuci mulut teman-teman.
Beberapa bahan yang di gunakan untuk mebuat Kheer adalah tepung gandum, beras, susu, gula dan tepung tapioka.
Kemudian Kheer ini kurang lengkap jika belum ada bumbu rempah-rembahnya, seperti misalkan saja kunyit dan kapulaga. Untuk toping dari Kheer biasanya kita akan menemukan di atasnya terdapat kacang mete, almond atau kismis.
  1. Aloo Gobi
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Oke yang selanjutnya adalah Aloo Gobi yang nampaknya bahan dalam membuatnya sangat banyak seperti misalakan saja jeruk nipis, jahe, bawang putih, kentang, kol, bawang merah, tomat, cabai hijau, daun ketumbar dan lainnya.
Teman-teman bisa menyanyap Aloo Gobi ini tanpa lauk ya? karena juga Aloo Gobi ini merupakan makanan utama.
Tergantung selera juga sih, teman-teman bisa makan Aloo Gobi ini langsung atau dengan lauk pendamping yang lainnya.
Ternyata di Eropa, makanan khas India yang satu ini juga cukup populer lho teman-teman, akan tetapi kalau di eropa di tambah bahan lainnya seperti misalkan daging yang tentu rasanya nanti akan sangat berbeda dengan Aloo Gobi yang original dari India.
  1. Pulao
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Oke yang selanjutnya adalah Pulao yakni makanan khas india yang biasa juga di sebut dengan nama Pilaf.
Sebenarnya makanan dengan nama Pulao ini sangat mirip nih sama dengan makanan khas india lainnya yakni Nasi Biryani.
Akan tetapi yang membedakan adalah kalau Pulao ini adalah makanan tambahan yang di sajikan untuk mendukung makanan utama.
Saat penyajian, makanan khas india paling enak ini di sajikan dengan 1 piring waji saja di mana di dalamnya sudah terdapat daging dan beras yang sudah di campur dengan kuah sehingga kuah tersebut dapat meresap dalam beras dan dagingnya tadi.
Secara bahan atau bumbu, Pulao ini lebih mudah jika di bandingkan dengan Nasi Biryani.
  1. Kheema
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Makanan khas lainnya yang wajib untuk kita bahas adalah Kheema. Ternyata Kheema ini mempunyai nama lain yakni Geema dan Keema. Kheema adalah makanan tradisional India yang juga terkenal di Asia Selatan lho.
Bahan utyama untuk membuat Kheema adalah daging giling, ini membuat Kheema menjadi makanan istimewa.
Tentu saat proses pemasakan rempah-rempah di siapkan untuk di jadikan bumbu daging giling tersebut, kemudian tidak lupa daging berbumbu tersebut di campur dengan irisan kentang dan kacang polong. Daging sapi yang biasanya di gunakan untuk bahan utama Kheema.
Saat cuaca sedang dingin, rasanya paling mantap kalau menyantap Kheema ini. Teman-teman bisa makan Kheema ini bersama dengan naan atau roti tawar, pastinya sangat lezat. Bisa di bayangkan nggak teman-teman?
  1. Biryani
Makanan Khas India Paling Enak dan Terkenal
Untuk kuliner india yang pertama ini adalah biryani yang mana masakan ini di buat dari nasi khusus yang biasa di sebut dengan basmati.
Perbedaan antara nasi biasa dengan nasi basmati ini adalah terletak pada besar dan panjang nasinya, untuk nasi basmati mempunyai tekstur yang lebih besar dan panjang dari pada nasi biasa.
Untuk nasi dari Biryani ini di masak menggunakan paduan rempah-rempah seperti misalkan saja kunyit, lada, merica dan juga kuah khusus untuk biryani.
Biasanya masakan india yang satu ini  dipadukan antara nasi basmati dengan daging, seperti misalkan saja daging kambing, ayam atau bisa juga di ganti dengan menu vegetarian.
  1. Butter Chicken
Butter Chicken
Untuk makanan india yang kedua ini adalah Butter Chicken atau Ayam Mentega. Makanan india yang satu ini nampaknya menjadi makanan lezat yang terkenal di seluruh dunia dengan nama Murg Makhani.
Berbahan bumbu bawang putih, jinten, merica, ketumbar, kunyit, kayu manis dan pastinya mentega, makanan ini menghasilkan bumbu khas Butter Chicken.
Seluruh bumbu di padukan dengan daging yang sudah tanpa tulang dan kemudian di masak hingga matang dan hingga daging terasa sudah lunak.
Untuk masalah rasa pedas atau tidaknya tergantung selera. Tentu dengan tidak adanya tulang dalam masakan india yang satu ini dan tekstur daging yang ada di makanan khas india ini sangat lunak anak membuat kita para penikmatnya merasakan sensasi makan yang mudah.
  1. Sambar dan Idli
Sambar dan Idli
Masakan India yang ketiga ini adalah perpaduan antara Sambar dan Idli. Sambar adalah sebuah makanan india yang di buat dari nasi dan kacang hitam yang telah di fermentasi.
Sedangkan Idli merupakan makanan india berupa sayuran yang di rebus dengan rasa yang sangat pedas.
Tentu salah satu makanan favorit bagi para sahabat halomuda.com karena sensasi rasa yang di dapat dari makanan india yang satu ini.
Kerennya, World Health Organization telah menyatakan bahwa makanan india sambar dan idli ini sangat baik di jadikan sebagai makanan bekal karena kandungan gizi yang cukup tinggi.
Kandungan lemak yang rendah membuat sambar dan Idli menjadi makanan india yang banyak di sukai orang. Dengan kandungan lemak yang rendah akan sangat cocok apabila anda suka makan, akan tetapi anda sedang menjalankan program diet.
  1. Palak Paneer
Palak Paneer
Bahan utama dari Palak Paneer ini adalah bayam dan keju, kemudian di campurkan dengan berbagai bahan rempah-rempah, setelah itu seluruh bahan di haluskan hingga bertekstur lembut seperti bubur.
Jadi makanan india yang satu ini bisa menjadi makanan alternative bagi orang yang tidak suka sayuran yang mempunyai rasa pedas.
Luar biasa bukan bagaimana makanan india yang satu ini di kemas untuk para konsumennya?
Makanan india yang satu ini sangat cocok apa bila anda konsumsi dengan yoghurt karena bisa bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.
Asal anda tahu saja, Palak Paneer ini adalah sebuah makanan india paling populer untuk vegetarian di India.
Jadi apabila anda sedang berada di indonesia dan kesulitan untuk mencari di mana makanan khas india ini bisa anda dapat, anda bisa membuatnya sendiri di rumah, halomuda.com sudah menyediakan resep palak paneer untuk anda.
  1. Chole
Chole
Kuliner India yang ke lima ini adalah Chole atau kari kacang. Makanan India yang satu ini adalah makanan yang sederhana dan sangat mudah dalam membuatnya.
Beberapa bahannya adalah tomat, bawang dan buncis, kemudian beberapa rempah-rempah juga di masukkan dalam masakan india yang satu ini.
Tentu rempah-rempah yang di gunakan adalah rempah-rempah khas india yang tidak kalah lezatnya dari negara lain.
Akan lebih enak apabila masakan india ini di sajikan pada saat masih hangat, supaya rempah-rempah yang ada di Chole ini lebih terasa kuat.
Saran penyajian yaitu berikan irisan daging kambing atau daging ayam agar masakan india ini lebih lezat.
Salah satu makanan khas india yang di rekomendasikan halomuda.com untuk anda, hal ini karena rasa dari chole sangat lezat dan cocok di makan bersama dengan keluarga besar.
  1. Ayam Tandoori
Ayam Tandoori
Perpaduan antara Ayam, bumbu, yoghurt dan berbagai rempah-rempah membuat masakan india yang satu ini di akui dunia untuk kelezatannya.
Masakan India Ayam Tandoori ini merupakan masakan yang sangat mudah di dapatkan di rumah-rumah India.
Masakan ini termasuk masakan yang mudah untuk di buat dan juga makanan india ini adalah makanan yang populer dan di favoritkan di negara asal makanan khas india ini di buat.
Masakan India Ayam Tandoori ini juga di sebut dengan nama Tandoori Murgh. Biasanya makanan khas india ayam tandoori ini di sajikan dengan potongan yang besar dan juga tidak jarang di sajikan bersama dengan roti.
Akan tetapi untuk potongan ayam yang ada di makanan khas india ini bisa di sesuaikan dengan keinginan anda, tentu akan menjadi pengalaman tersendiri jika anda makan ayam tandoori ini, rasanya sangat lezat.
  1. Kaali Daal
Kaali Daal
Masakan india yang berikutnya adalah Kaali Daal atau biasa di sebut dengan Ma Ki Daal. Masakan india ini sangat populer di Negara india bagian utara.
Dengan bahan lentil hitam dan dimasak dengan cabai, bawang, rempah-rempah dan di mixing dengan saus enak basis krim tentu akan membuat lidah anda bergoyang.
Tentu perpaduan antara bumbu rempah-rempah khas india dan saus krim akan memberikan cita rasa yang lezat.
Untuk memasak makanan india yang berbahan dasar lentil yaitu kacang ukuran kecil yang berwarna hitam tentunya akan sangat lama untuk mendapatkan tinggat ke empukan yang baik.
Akan tetapi anda harus bersabar menunggu proses pengempukan dari lentil ini untuk dapat menikmati makanan khas india yang termasuk sebagai salah satu makanan favorit baik di negaranya sana atau di negara lainnya.
  1. Rogan Josh
Rogan Josh
Kuliner India yang berada pada urutan delapan ini adalah hidangan india yang berbahan daging ayam atau daging domba.
Biasanya Rogan Josh dimasak dengan daun salam, ketumbar, merica, yoghurt dan rempah-rempah, dan makanan yang satu ini mempunyai warna yang meriah dan rasa yang di dapat dari hidangan india ini sangat lezat.
Jika di lihat dari tampilan makanan khas india yang satu ini tentu sangatlah menarik hati.
Masakan india Rogan Josh ini sangat cocok bagi para pencinta makanan pedas, karena makanan india ini di padukan dengan cabai Kashmir yang merupakan bahan penghasil rasa pedas yang luar biasa.
Cabai kashmir ini merupakan salah satu cabai terpedas di dunia, jadi tidak ada salahnya bagi anda para pencinta kuliner pedas untuk mencicipi pedasnya makanan khas india yang satu ini.
  1. Chaat
Chaat
Makanan india yang di namakan Chaat ini merupakan camilan india yang populer di sekitar india bagian utara.
Pada beberapa wilayah di india utara, camilan india yang satu ini bisa anda dapatkan di pedagang kaki lima.
Akan tetapi pedagang kaki lima yang kita maksud tentu adalah pedagang kaki lima yang ada di negara tempat makanan khas yang satu ini di buat.
Chaat merupakan camilan india yang terbuat dari kentang yang di haluskan kemudian dalam penyajiaanya di sajikan dengan kuah yang sudah di mixing dengan rempah-rempah andalan masakan india seperti kunyit, gula, lada, bawang putih dan garam.
Merupakan salah satu camilan atau makanan khas india yang sangat terkenal dan populer, bahkan di dalam film india, makanan khas india yang satu ini sering di sebut-sebut.

Komentar